SMP Negeri 1 Bagan Sinembah Laksanakan Try Out UN Dengan CBT

Dalam rangka persiapan menghadapi Ujian Nasional SMP pada bulan Mei mendatang, seluruh peserta didik kelas IX di SMP Negeri 1 Bagan Sinembah melaksanakan Try Out. Hanya try out yang kedua ini dilakukan secara berbeda dari try out sebelumnya, yaitu dengan menggunakan perangkat komputer. Pelaksanaan try out berbasis komputer dan internet ini menguji 4 mata pelajaran UN yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA yang diikuti 293 orang siswa kelas IX yang terbagi menjadi 4 shift setiap harinya dan berlangsung selama 5 hari mulai pukul 07.00 pagi sampai dengan 16.00 sore dengan menggunakan 60 unit komputer dan 2 ruang laboratorium komputer.  
Debby Yanni Sastri, S.Kom sebagai pengelola labor paparkan bahwa hasil atau nilai try out dengan berbasis ICT ini dapat diketahui langsung oleh peserta ujian sesaat setelah ujian berakhir dan terkirim ke komputer server. Keuntungan lainnya adalah dapat mencegahnya terjadinya kecurangan siswa dalam menjawab soal disebabkan masing masing komputer memiliki paket soal dan pilihan jawaban yang berbeda beda.
Kepala SMP Negeri 1 Bagan Sinembah, Zakaria S.Pd berharap, dengan pelaksanaan Try Out UN melalui komputer ini peserta didik lebih terbiasa dengan penggunaan teknologi dalam menjawab soal soal ujian secara online maupun offline. 
Seperti diinformasikan sebelumnya bahwa Pusat Penilaian Pendidikan dan Dinas Pendidikan Kab. Rokan Hilir telah memilih SMP Negeri 1 Bagan Sinembah sebagai sekolah di Kabupaten Rokan Hilir yang dapat melaksanakan UN dengan CBT (Computer Based Test). Namun sayangnya, hal ini masih sulit dilaksanakan tahun ini karena faktor infrastruktur. Idealnya dengan 293 siswa, sekolah harus memiliki 100 unit komputer dengan spesifikasi yang telah ditentukan. Sebab itu, sekolah menargetkan program CBT ini dapat dilaksanakan tahun depan. Para guru juga diminta mulai membuat soal soal ulangan harian melalui komputer dan mengujinya kepada peserta didik di laboratorium komputer kerena tentu akan lebih efektif dan menarik minat belajar siswa. Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada komite dan orang tua siswa yang turut berperan serta sehingga program ini dapat terlaksana dengan baik dalam rangka mewujudkan salah satu visi sekolah yaitu sekolah yang berbasis ICT.

0 comments:

Post a Comment