SMPN 1 Bagan Sinembah Raih Adiwiyata Nasional

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Bagan Sinembah merupakan salah satu sekolah menengah yang di miliki Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir yang letaknya persis di perbatasan utara Propinsi Riau dan Sumatera Utara.

Sekolah yang didirikan Tahun 1987 ini mempunyai Visi sekolah yaitu disiplin, berbudaya, berprestasi berwawasan lingkungan dan berbasis ICT berdasarkan Iman dan Taqwa.
Dengan  Misi, Meningkatkan kemampuan profesional pendidik dan tenaga kependidikan secara sistimatis dan konsisten, Mengembangkan konsep pembelajaran aktif dan kreatif berbasis teknologi informasi, Membangun nilai-nilai karakter bangsa berwawasan lingkungan akademis yang dilandasi moralitas dan akhlaq mulia.
 
Luar Biasa, mungkin itulah kata yang pantas diucapkan prestasi sekaligus kesuksesan SMP Negeri I Bagan Sinembah meraih Predikat sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional tahun 2014. Tepatnya pada hari Senin, 22 Desember 2014, SMPN 1 Bagan Sinembah diundang oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk menerima penghargaan berupa Piagam Penghargaan Adiwiyata Nasional yang diserahkan langsung oleh Bapak Anis Baswedan selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Ibu Siti Nurbaya selaku Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepada Ibu Kepala Sekolah. Pada acara tersebut dihadiri sebanyak 498 sekolah (SD, SMP dan SMA) seluruh Indonesia yang mendapat penghargaan Adiwiyata Nasional. 15 sekolah diantaranya dari Provinsi Riau dan dari Kabupaten Rokan Hilir ada 3 sekolah.
 
Penghargaan Adiwiyata Nasional diberikan kepada sekolah yang benar-benar terbukti dan secara berkelanjutan menerapkan kegiatan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. SMPN 1 Bagan Sinembah memang dari awal program adiwiyata dilaksanakan di sekolahan ini, kepala sekolah, guru, siswa, komite sekolah, mitra, bersama masyarakat penggiat lingkungan sudah berkomitmen secara terus-menerus dan berkelanjutan untuk melaksanakan Program Adiwiyata. Ketika diwawancarai Zakaria, S.Pd mengungkapkan Prestasi ini memang tidak mudah untuk diraih, namun berkat kerja keras dari seluruh warga sekolah, komite dan mitra akhirnya Adiwiyata Nasional dapat kita wujudkan bersama. “Tujuan utama program adiwiyata ini adalah membina dan membimbing siswa dengan harapan dapat membentuk pola pikir anak yang peduli dan berbudaya lingkungan dan pada akhirnya pola pikir tersebut menjadi pembiasaan perilaku keseharian yang cinta lingkungan baik di lingkungan sekolah, rumah maupun masyarakat.”
 
Dalam acara penghargaan Adiwiyata Nasional tersebut, bapak Anis Baswedan dalam sambutannya berpesan agar Prestasi ini jangan dijadikan akhir dari semuanya namun jadikanlah ini sebuah langkah awal untuk terus berupaya melakukan program pelestarian dan penyelamatan lingkungan hidup di instansi masing-masing. Karena siswa yang kita didik dan bimbing merupakan generasi masa depan yang merasakan dampak baik buruknya kondisi lingkungan yang dilakukan oleh generasi sekarang.
 
 
Semoga prestasi ini bisa membawa nama baik khususnya SMPN 1 Bagan Sinembah dan kepada masyarakat kabupaten Rokan Hilir serta Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir pada umumnya. Ucapan terima kasih setinggi tingginya juga disampaikan kepada Dinas Bapedal Kab. Rokan Hilir, pihak SMKN 1 Dumai, Puskesmas Bagan Sinembah dan lainnya yang telah berperan dalam mewujudkan sekolah adiwiyata nasional. Masih ada satu pencapaian lagi yang belum bisa diwujudkan yaitu Adiwiyata Mandiri. Tahun depan SMPN 1 Bagan Sinembah oleh pemerintah diberi waktu satu tahun untuk membina 10 sekolah di kabupaten Rokan Hilir untuk menjadi sekolah adiwiyata minimal Adiwiyata Kabupaten. Hal tersebut merupakan prasyarat untuk menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri yang penghargaannya langsung diberikan oleh Presiden Republik Indonesia. Semoga jalan menuju pencapaian Adiwiyata Mandiri menjadi lebih mudah dan harapan terbesar yaitu adanya dukungan dari Pemerintah Daerah baik moril maupun materiil. Semoga.

0 comments:

Post a Comment