Guru SMPN 1 Bagan Sinembah ke Istana Negara

Rokan Hilir patut bangga dengan prestasi yang diraih salah seorang gurunya yang berprestasi hingga menjadi duta propinsi Riau di tingkat nasional sekaligus berkesempatan mengikuti upacara bendera di istana Negara bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada HUT RI ke 69, 17 Agustus 2014 mendatang.
Adalah M. Syafruddin, M.M.Pd, guru mata pelajaran IPA pada SMP Negeri 1 Bagan Sinembah berhasil meraih predikat terbaik I pada lomba Guru berprestasi se-propinsi Riau untuk tingkat SMP tahun 2014. Berbekal 27 tahun menjadi guru, dengan terus belajar bagaimana menerapkan metode mengajar yang menyenangkan serta bekerja dengan keikhlasan dalam menngajar menjadi kunci keberhasilannya.
''Bagi saya mengajar adalah suatu ibadah, sehingga setiap tugas yang diberikan bisa diselesaikan dengan baik. Saya tertarik mengajar dengan pendekatan PAIKEM (pembelajaran aktif kreatif inovatif efektif dan menyenangkan) apalagi ditambah dengan pendekatan scientific pada kurikulum 2013,'' ujar Syafruddin kepada wartawan pekan lalu.
Wakil kepala SMP Negeri 1 Bagan Sinembah ini menceritakan ihwal dirinya meraih predikat guru berprestasi. Hal itu berawal dari motivasi teman teman sejawat, kepala Sekolah, dan Kepala UPTD Kecamatan Bagan Sinembah dan terutama keluarga sehingga dengan dukungan mereka dirinya mulai mengikuti seleksi tingkat kecamatan pada bulan Mei 2014. Setelah dinyatakan lolos tingkat kecamatan, dilanjutkan dengan seleksi tingkat kabupaten pada bulan Juni dan terakhir pada tingkat propinsi di Pekanbaru.
Lomba guru berprestasi tingkat propinsi dilakukan pada tanggal 22 Juni sampai 26 Juni 2014. Ditingkat propinsi ini persaingan lebih ketat lagi, karena pesertanya untuk guru guru SMP terbaik yang berasal dari 12 kabupaten di seluruh Propinsi Riau sedangkan jumlah peserta untuk semua tingkat lebih kurang 200 orang. Penilaian yang dilakukan adalah tes tertulis, penilaian portofolio, presentasi PTK dan wawancara.''dan akhirnya Alhamdulillah Allah sudah punya rencana besar buat saya, ternyata saya berhasil meraih juara 1,'' katanya.
Syafrudin berharap kedepannya makin banyak guru-guru yang berminat mengikuti lomba ini karena setiap orang punya peluang dan kemampuan, walau berasal dari dearah seperti dirinya. ''Walaupun kita dari daerah tidak tertutup kemungkinan untuk kita bisa menang karena kita juga punya potensi, kemampuan dan peluang. Kita juga sarat dengan berbagai ilmu dan pengalaman. Lomba ini juga bukan hal yang menakutkan dan banyak sekali pengalaman dan manfaat yang bisa kita ambil di lomba ini,'' ajak bapak dari 5 anak ini.
Dalam kesempatan lain, Kepala SMP Negeri 1 Bagan Sinembah, Zakaria, S.Pd membenarkan seorang gurunya menjadi duta Propinsi Riau mengikuti lomba Guru Berprestasi tingkat nasional. Beliau berharap gurunya tersebut mampu mengharumkan nama propinsi Riau di tingkat nasional. Zakaria juga menyampaikan rasa bangganya atas prestasi yang telah diraih guru gurunya dimana pada tahun 2013 lalu seorang gurunya atas nama Kiki Ardian, S.Pd juga berhasil menjadi juara II pada event yang sama di tingkat propinsi dan Alhamdulillah tahun ini menjadi yang terbaik. Prestasi prestasi ini juga memicu semangat untuk mendapatkan prestasi lainnya seperti menjadi sekolah adiwiyata dan sekolah sehat di tingkat propinsi dan nasional.

0 comments:

Post a Comment