Menuju Adiwiyata Propinsi, 11 Sekolah Mendapat Pembinaan.

11 sekolah yang lolos Adiwiyata Kabupaten mendapatkan pembinaan lanjutan untuk menuju sekolah adiwiyata propinsi. 11 sekolah tersebut adalah : SMP Negeri 4 Bagan Sinembah, SMP Negeri 5 Bagan Sinembah, SMP Negeri 6 Bagan Sinembah, SMP Negeri 8 Bagan Sinembah, SMP Negeri 9 Bagan Sinembah, SMP Swasta Tunas Bangsa, SD Negeri 007 Bagan Batu, SD Swasta Sei Balam, SMA Negeri 1 Tanah Putih Tanjung Melawan, SMP Negeri 1 Tanah Putih Tanjung Melawan, SMP Negeri 2 Kubu dan SD Negeri 007 Mukti Jaya.
Pembinaan tersebut berlangsung selama 1 hari tersebut bertempat di SMP Negeri 1 Bagan Sinembah. Sebagai narasumber yaitu Dra. Asma Karbella dari Balai Lingkungan Hidup (BLH) Propinsi Riau. Hadir pada acara pembukaan yaitu Kepala Bidang Penataan dan Penaatan Lingkungan Hidup BLH Propinsi Riau Drs. Akhirunnas, Kepala Bidang Pengelolaan Lingkungan Kabupaten Rokan Hidup, Ir. Syaiful Anwar, Kepala UPTD Bina Pengelola Sekolah Kec. Bagan Sinembah dan Tim Adiwayata masing masing sekolah. Dalam sambutannya, Drs. Akhirunnas mengingatkan pentingnya persoalan lingkungan hidup yang terus berkembang semakin komplek yang perlu diantisipasi oleh generasi yang akan datang maka pendidikan, pembelajaran dan pembinaan lingkungan sekolah sangatlah penting sehingga diperlukan sosialisasi untuk memberikan pemahaman, penyadaran, dan tuntunan kepada sekolah agar dapat diberikan kepada siswa dalam bersikap dan berperilaku peduli dan berbudaya lingkungan. sehingga dengan adanya sosialisasi pelaksanaan program sekolah adiwiyata ini diharapkan bisa memberikan dampak positif terhadap sikap dan perilaku serta kebiasaan generasi penerus khususnya terhadap pelestarian lingkungan hidup.
Pentingnya adiwiyata bukan untuk mendapatkan nilai dan sekolah yang rindang dan asri tapi bagaimana mengintegrasikan nilai nilai lingkungan dalam pembelajaran.
Pada kesempatan yang sama dilakukan MoU (memorandum of understanding) atau akad kerjasama antara sekolah adiwiyata nasional SMP Negeri 1 Bagan Sinembah dengan sekolah-sekolah binaan yang ada di Bagan Sinembah.

0 comments:

Post a Comment