Download Kajian Lingkungan & Rencana Aksi Sekolah Adiwiyata

Salah satu langkah untuk menjadi sekolah adiwiyata adalah dengan melaksanakan kajian lingkungan yang dilanjutkan dengan menyusun rencana aksi lingkungan.
Fungsi utama dari penyusunan kajian lingkungan adalah untuk mengetahui gambaran dan kondisi lingkungan sekolah (lingkungan dimana sekolah tersebut berdiri) saat ini yang perlu segera dilakukan langkah perbaikan. Selain itu, kajian lingkungan akan memberikan gambaran informasi tentang rencana aksi lingkungan yang akan dilakukan. Dengan menyusun kajian lingkungan, maka sekolah dapat menentukan arah yang jelas terhadap pelaksanaan program ADIWIYATA, sehingga setiap sekolah tidaklah mungkin menghasilkan kajian lingkungan yang sama, dan tentunya tidak mungkin pula melaksanakan rencana aksi yang sama.
Penyusunan kajian lingkungan dapat dilakukan dengan cara:
  1. Tim harus memastikan bahwa seluruh anggota tim bekerja sama sebaik mungkin untuk melaksanakan kajian, sebanyak mungkin siswa berpartisipasi dalam proses ini,
  2. Kajian lingkungan oleh tim sekolah dapat dilakukan melalui sebuah instrumen checklist mencakup berbagai isu lingkungan yang terjadi sekolah, misalnya;
    • Sampah
    • Air
    • Energi
    • Makanan dan kantin sekolah.
    • Keanekaragaman Hayati
    • (masalah lain yang menjadi isu lingkungan di sekolah)
Dari isu lingkungan yang ada, sekolah dapat memfokuskan pada satu atau beberapa masalahyang akan ditetapkan menjadi fokus dalam melakukan rencana aksi lingkungan, Kajian lingkungan dilakukan pada kurun waktu tertentu, misalnya dilakukan tahunan atau dua tahun sekali sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Hal tersebut dilakukan untuk mengukur dan mengevaluasi kemajuan kinerja tim sekolah.
Lebih lanjut tentang gambaran penyusunan dokumen kajian lingkungan dapat dilihat pada Contoh Kajian dan Rencana Aksi Lingkungan Sekolah Adiwiyata Nasional SMP Negeri 1 Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir Propinsi berikut ini :

Silahkan di download. Semoga Bermanfaat!

2 comments: